Visi & Misi

VISI

Menjadi program studi yang unggul dan berdaya saing pada bidang mekatronika di era 2025

 

Unggul dan berdaya saing pada bidang mekatronika diindikasikan oleh: (1) telah dihasilkannya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai karya inovatif dari dosen dan  civitas  akademika;  (2)  semakin  continue  publikasi  dosen  dalam  bidang pendidikan mekatronika; (3) semakin banyak dosen Program Studi Teknik Mekatronika  yang  dimanfaatkan  sebagai  rujukan  dan  narasumber  oleh masyarakat; (4) semakin banyaknya permintaan kerja sama dari lembaga lain; (5) semakin banyaknya industri yang memesan lulusan prodi Teknik Mekatronika; dan (6) Berdirinya program Kelas Industri Teknik Mekatronika ikatan dinas.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan  dan  pembelajaran  mekatronika  yang  berorientasi  pada inovasi dan kreativitas teknologi
  2. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan ilmu secara benar dan efektif, sehingga menghasilkan lulusan yang jujur dan berkompeten sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri;
  3. Menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan industri, perguruan tinggi lain, lembaga pemerintah, lembaga swasta, serta alumni baik di dalam maupun di luar negeri yang didasarkan atas kesetaraan, saling menguntungkan dan saling percaya; Meningkatkan kualitas manajemen program studi melalui perbaikan berkelanjutan dengan prinsip tatakelola yang baik.

 

TUJUAN

Umum: Menghasilkan lulusan yang profesional, kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi sehingga mampu diterima industri pada level nasional dan internasional.

Khusus: Tujuan khusus dapat dikelompokkan menjadi lima bagian berdasarkan misi yang ditetapkan.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran teknik mekatronika yang berorientasi pada inovasi dan kreativitas pembelajaran terkini;
    • Meningkatnya penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran teknik mekatronika yang berorientasi pada inovasi dan kreativitas pembelajaran terkini.
    • Berkembangnya potensi dan kepribadian mahasiswa melalui pendidikan dan pengalaman belajar yang berkualitas tinggi.
    • Dihasilkannya lulusan yang memiliki acceptabilitas dibidang elektrikal, permesinan maupun otomatisasi industrial secara nasional dan internasional.
    • Melaksanakan penelitian inovatif dan terapan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial dan budaya dibidang teknik mekatronika.
    • Menghasilkan produk yang dapat membantu masyarakat khususnya teknologi tepat guna.
    • Mengasilkan produk yang memiliki kualitas tinggi sehingga memiliki daya saing pada level nasional.
  2. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis teknologi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dunia usaha dan industry dibidang teknik mekatronika.
    • Meningkatnya karya pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil kajian dan penelitian.
    • Meningkatnya kinerja prodi dan sumberdaya dalam memberikan layanan kepada masyarakat.
  3. Mewujudkan kerjasama dalam rangka peningkatan kapasitas dan daya saing institusi.
    • Menjadi prodi yang memiliki banyak hubungan dengan industri baik dibidang elektrikal maupun mekanikal.
    • Mendapatkan beasiswa ikatan dinas dari industri dengan level nasional maupun internasional untuk mahaiswa prodi teknik mekatronika.
  4. Mewujudkan tata kelola dan layanan manajemen yang handal dan akuntabel.
    • Terselenggaranya tatapamong yang tangguh, akuntabel dan transparan dalam memberikan layanan pendidikan.
    • Meningkatnya manajemen tenaga kependidikan.
    • Meningkatnya citra dan layanan publik.