Profil

Pendahuluan

Program Studi (Prodi) Teknik Mekatronika mempelajari berbagai hal berkaitan dengan proses otomatisasi manufaktur seperti Computer Aided Design, Aided Manufacturing, PLC (Programmable Logic Controller) , dan lain-lain. Mahasiswa mempelajari perancangan suatu mesin produksi yang efisien, mulai dari gambar teknik, modeling, simulasi sampai pembuatan prototipe mesin tersebut. Mahasiswa juga mempelajari tentang technopreuner dan keahlian tambahan bahasa asing untuk mendukung keahliannya. Program studi Teknik Mekatronika telah memperoleh ijin penyelenggaraan berdasarkan SK Kemendiknas No.104/D/O/2008 dan telah terakreditasi berdasarkan SK BAN PT No: 001/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/IV/2012

Kompetensi Lulusan

  1. Merancang merencanakan dan membuat perangkat kendali (control system) di bidang manufaktur, dengan berpedoman pada mutu (quality), keefektifan biaya (cost effectiveness) dan ketepatan waktu penyelesaian dan penyerahan (delivery time).
  2. Mengetahui mtode pemeliharaan dan perbaikan perangkat kendali.
  3. Memahami teknologi Computer Numerical Control (CNC), teknologi peralatan elektronik dalam bidang kedokteran, system energi perbarukan (Renewable Energy) dan sistem control.
  4. Memiliki keahlian praktis dan teoritis di bidang mekatronik, otomasi manufaktur dan mesin mesin CNC.
  5. Memasang, merawat dan memperbaiki mesin mesin manufaktur CNC.
  6. Berwirausaha.