Kuliah, Kelas Industri Langsung Kerja (Part 01)

Cerita ini saya mulai dari tanggal 8 Oktober 2015, pada tanggal tersebut dilantik menjadi Kaprodi Teknik Mekatronika, prodi ini mempunyai dua konsentrasi, yaitu Otomasi Industri dan Alat Berat. Waktu itu Otomasi Industri sudah banyak kerjasama dengan Industri, baik dari PT Gudang Garam, PT United Can Company, PT Indolakto dsb, jadi beberapa lulusan sudah bisa terserap di dunia Industri. Yang menjadi fikiran ketika hari itu adalah bagaimana dengan alat berat.?. Maklum alat berat ini baru dimulai tahun 2012 untuk angkatan pertama. Jadi masih relative baru, dan untuk peralatan praktikum pun masih sederhana.

Saat itu teringat perkataan seorang teman bahwa salah seorang yang saya kenal resign dari Industri Alat Berat dan membuka lembaga Pendidikan training alat berat semacam UT School. Langsung bergegas menemui beliau, yang tidak lain adalah Bapak jafar shodiq (Direktur Indonesia Learning Centre –ILC–). Ceritanya, beliau bersama teman – temannya yang sudah melalang buana di dunia alat berat berkumpul dan berkomitmen mendirikan lembaga ini. Pengalaman mereka didunia alat berat sudah tidak diragukan lagi, jabatan – jabatan strategis pun juga sudah di dudukinya.

Akhirnya kami bertemu, dirumah beliau, ada sesuatu draft kerjasama. Dari pihak program studi menyampaikan ke pihak direktorat dan dari pihak ILC juga mengadakan pembicaraan internal. Singkat kata akhirnya disepakati kedua managemen ini bertemu, Direktur dan Direktur. (saya singkat saja ya, karena panjang) J

Ini awal kerja sama yaitu

  1. December 2, 2015, mengundang untuk kuliah tamu Songsong MEA, Mantapkan Soft Skill http://bit.ly/2ucsIlj
  2. 2 Agustus 2016, Kerjasama dengan ILC dan Perusahaan, Poltekom Siap Cetak Lulusan Siap Kerja http://bit.ly/2uvrQr4 dan http://bit.ly/2hzlo16

Untuk mengawali kerjasama ini kami mengirimkan beberapa mahasiswa untuk training alat berat. Dan sekarang lulusan tersebut tersebar ke beberapa Perusahaan ke PT Oscar Omega, PT. Putra Perkasa Abadi (PPA), PT Nipindo, CV Tata Mandiri Sejahtera, berkeinginan melanjutkan studi.

Salah satu dokumentasi seleksi dari PT PPA di kampus pada tanggal 29 November 2016 bisa dilihat http://bit.ly/2hylfel

Dan Selanjutnya pada tanggal ditahun 2016 politeknik kota malang yang didukung oleh Indonesia Learning Centre meluncurkan program kelas Industri Langsung kerja yaitu dengan konsep global : 1 tahun bersama Tenaga Pengajar Perguruan Tinggi, satu tahun bersama para professional alat berat dan satu tahun praktik kerja di dunia Industri, dan langsung kerja. Alhamdulillah angkatan pertama tahun 2016 ini, sudah terisi satu kelas. Maka di tahun 2017 ini angkatan kedua kami berencana membuka lebih banyak lagi.

Untuk lebih menguatkan lagi berikut Info kerjasama ditahun 2017 :

  1. PT Putra Sarana Trans Borneo (Jumat 19/5/2017) http://bit.ly/2wvVCxh
  2. PT SIS PT. Sapta Indra Sejati (July 6, 2017) http://bit.ly/2hym1bf
  3. Kobexindo Tracktor (Kamis (6/7) 2017) http://bit.ly/2uf1L4q

Oke pertanyaan selanjutnya?

Tertarik Mendaftar di program kelas Industri?

Bagi yang ingin bertanya lebih jauh, bisa bergabung ke group whatsapp click : https://chat.whatsapp.com/5EKmkny6xb90Y1adHQXCSn  diskusi digroup langsung di isi oleh ketua program studi, dan diskusi akan dimulai Kamis, 10 Agustus 2017 pukul 20.00 wib.

Atau ingin mendaftar langsung dan mendapatkan potongan DPF hingga 3,500,000,- sampai tanggal 16 Agustus 2017 dengan mengirimkan dan menclick link ini :  http://bit.ly/2wiS95U

Hormat Kami,

Malang, 6 Agustus 2017

Ketua Program Studi
Teknik Mekatronika,

 

Imam Kusyairi M.T.

POLITEKNIK KOTA MALANG

Jl. Tlogowaru No. 03 Kelurahan Tlogowaru
Kec. Kedungkandang – Kota Malang

Download PDF