PT Indolakto Siapkan Kelas Industri di Poltekom

MALANG – PT. Indolakto kembali menyelenggarakan proses rekrutmen karyawan baru di Politeknik Kota Malang (poltekom). Rekrutmen ini dilaksanakan kali kedua dan diharapkan sebagai embrio munculnya kelas industri di Politeknik Kota Malang.
Wakil Direktur 1 Bidang Akademik dan Kerjasama Politeknik Kota Malang, Dr. Jatmiko Setiaji, MM., mengatakan rekrutmen tersebut menandai kepercayaan industri terhadap kampus.
“Ini sejalan dengan program kami dalam revitalisasi politeknik yang dicanangkan oleh Kemenristek Dikti kurikulum TI-3 yang sedang kami kembangkan mengenai keselarasan antara ilmu yang dimiliki dengan bidang pekerjaan di industri, sehingga fokusnya adalah pembukaan kelas industri dimana mahasiswanya bisa langsung terserap setelah lulus,” kata Jatmiko.
Menurutnya, salah satu parameter keberhasilan kampus yakni banyaknya keterserapan lulusan dalam bidang pekerjaan dan pendeknya masa tunggu lulusan dalam pekerjaan pertama.
Sementara itu, diterangkan oleh Kaprodi Teknik Mekatronika, Imam Kusyairi, dalam proses seleksi yang diselenggarakan kemarin (1/8), 11 lulusan atau mahasiswa semester akhir Poltekom bersama dengan 12 orang lainnya dari UB, UMM, Polinema, bahkan USU untuk posisi skilled operator. Ini merupakan kali kedua PT. Indolakto datang ke kampus untuk melakukan rekrutmen langsung, setelah beberapa tahun sebelumnya, rekrutmen dilakukan dengan prosedur mahasiswa mengirimkan lamaran.
Dalam proses seleksi kemarin, peserta melalui sesi wawancara untuk menguji kemampuan berkomunikasi, memecahkan masalah, dan perilakunya. Karena, lanjut Yanuar, yang menjadi penting dalam proses mencari karyawan adalah melihat sikap peserta.
“Kalau hanya mencari yang akademiknya bagus, kami hanya perlu melihat dari nilai saja. Tapi kami perlu bertemu langsung untuk melihat kualifikasi pelamar,” imbuhnya. (mg19/oci)
sumber : Malang Post
Download PDF